Beternak Ayam Hias Kian Booming


Ingin menjajal peruntungan dari usaha sampingan, mungkin anda bisa mencoba bisnis ternak ayam hias. Meski ternak ayam hias sudah banyak dilakukan orang semenjak dulu, namun saat ini ayam dengan aneka warna dan rupa ini sedang naik daun meramaikan bursa unggas di tanah air. Perhitungannya jika dibandingkan dengan ternak ayam konsumsi adalah pada kuantitasnya. Pada ternak ayam konsumsi untuk memperoleh keuntungan diperlukan jumlah yang banyak, namun dalam bisnis ayam hias bisa dalam jumlah sedikit asal memiliki kualitas yang bagus. Jadi bisnis ternak ayam hias cocok bagi yang memiliki lahan minim dan bisa sebagai usaha sampingan.

Ayam hias sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, sebut saja ayam serama, ayam ketawa,ayam kate, ayam batik kanada, ayam mahkota, ayam mutiara,ayam pelung dan lain sebagainya. Masing-masing jenis ayam hias memiliki keindahan dan kekhasan tersendiri. Untuk pemeliharaan relatif sama antar jenis ayam hias yang ada.

Tips Sukses Ternak Ayam Hias

Tips agar sukses dalam beternak ayam hias, adalah pada perkandangan dan pola pemeliharaan. Agar ayam hias peliharaan tetap sehat kandang perlu dilakukan pembersihan secara periodik. Selain itu kandang juga harus memiliki sirkulasi udara yang baik dan mendapatkan sinar matahari yang cukup terutama di pagi hari.

Faktor lain yang mendukung keberhasilan usaha ternak ayam hias adalah pada makanan yang diberikan. Agar ayam sehat dan indah makanan harus mengandung gizi yang cukup. Beberapa pakan ayam yang bisa diberikan antara lain bekatul, nasi, beras merah, ulat hongkong, jagung dan pakan buatan pabrik. Untuk menambah kandungan gizi bisa juga diberikan irisan hijauan seperti daun pepaya, sawi, kangkung dan sayuran lain.

Agar ayam hias tetap sehat penting dilakukan langkah pencegahan terhadap penyakit. Untuk mencegah penyakit berikan jamu pada ayam-ayam berupa parutan jahe dan kencur. Jamu ini bisa dicampur dalam pakan atau minuman. Bahkan diperas dan langsung diminumkan pada ayam.

Description: Beternak Ayam Hias Kian Booming Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Beternak Ayam Hias Kian Booming
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: 19.36

0 komentar

Posting Komentar